Senin, 19 Desember 2011

Masa kecil Anas bin Malik

RAJIN MEMBANTU RASULULLAH
Suatu hari, Anas sedang bermain dengan teman-temannya. Mereka terlihat asyik dan senang. Walaupun  hari sedang panas, mereka tetap bersemangat bermain, berlari, dan bercanda. Keceriaan terpancar di wajah-wajah mereka. Saat itu, Anas bin Malik berusia kurang lebih 10 tahun.
                “Anas, sekarang giliranmu!” kata temannya
                “ YA!”
                Tiba-tiba, Rasulullah datang mendekati mereka yang sedang asyik bermain. Rasulullah meminta Anas membantunya untuk suatu keperluan. Denagn segera, Anas pergi membantu urusan Rasulullah tersebut. Dia tidak menundanya. Dia juga tidak mengeluh walaupun dia sedang asyik bermain dengan teman-temannya. Dia rela meninggalkan kesenangan bermainnya sejenak untuk membantu Rasulullah yang sangat dia cintai. Kalau kita sendiri bagaimana ya???
                Pada waktu yang lain, Anas diminta Rasulullah Saw. Pergi untuk suatu keperluan. Dia berangkat ke tempat yang Rasulullah inginkan. Tetapi di tengan perjalanan, ternyata dia berbelok ke pasar, karena pada saat itu teman-temannya sedang bermain di sana. Dia pun ikut bermain dengannya
                Karena Anas belu pulang-pulang juga, Rasulullah menyusul mencarinya. Dia mendapati Anas sedang bermain dengan teman-temannya di pasar. Beliau menghampiri anas
                “Wahai Anas, sudahkah kamu pergi ke tempat yang aku pinta tadi?”
                “Ya Rasulullah, sekarang aku akan berangkat,” jawab Anas gugup. Dia pun meninggalkan teman-temannya dan Rasulullah.
                Rasulullah memang orang yang paling baik dan penuh kasih saying. Belian tidak memarahi Anas dan tidak pernah menegurnya dengan kata-kata,”mengapa kamu lakukan ini dan itu atau mengapa kamu tidak melakukan ini atau itu?”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar